Pages

Tuesday 31 January 2017

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah kita adalah istana kita. Rumah juga menjadi tempat berkumpulnya keluarga, teman, sahabat. Walaupun buat kalian yang belum menikah atau masih single dan tinggal dirumah sendirian, menjaga kebersihan rumah tetap menjadi hal yang sangat penting.

Memang terkadang kita merasa malas untuk membersihkan rumah kita, atau kita merasa super sibuk sehingga tidak ada waktu untuk membersihkan rumah.

Akan tetapi membersihkan rumah itu penting bagi kesehatan dan emosi kita, melihat rumah yang kotor dan berantakan akan membuat kita jenuh dan tidak semangat.

Apa lagi kalau kita kedatangan tamu mendadak, entah itu teman, saudara atau kerabat kerja, pasti mereka dan kita sendiripun tidak akan merasa nyaman berada di rumah yang kotor dan berantakan.

Di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu kalian menjaga kebersihan rumah kalian.

1. Merapikan Kasur dan Kamar Tidur


Setiap pagi ketika kita bangun tidur, hal yang perlu dilakukan adalah merapikan kasur. Setelah itu rapikan juga kamar kalian. Jika kalian berhasil merapikan kamar kalian, maka aktivitas selanjutnya akan terasa lebih ringan. Dan kalian juga akan ter-motivasi untuk melanjutkan aktivitas kalian.

Ingat kalau kamar tidur adalah ruangan pertama yang kalian lihat di pagi hari dan ruangan terakhir pada malam hari. Jika kalian tidak membersihkan kamar tidur di pagi hari, maka pada malam hari setelah semua aktivitas selesai dan kalian ingin istirahat, pasti melihat kamar yang berantakan akan membuat kalian jenuh dan tidur tidak tenang.


2. Menyapu Rumah Setiap Hari


Setelah membersihkan kamar tidur, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyapu rumah. Walaupun lantai terlihat bersih, tapi kalian harus tetap menyapu rumah. Dikarenakan untuk mencegah debu-debu menumpuk di lantai dan kuman berkeliharaan. Jangan lupa juga untuk menyapu kamar tidur.

Jangan merasa malas untuk menyapu bagian bawah furnitur kalian, karena disitulah debu-debu terkumpul. Angkat atau sisihkan meja dan kursi kalian sampai selesai di bersihkan, lalu kembalikan ke tempatnya. Anggaplah sebagai olah raga pagi, pasti akan menambah semangat kalian dalam beraktivitas.


3. Cuci Baju Kotor 2 atau 1 Hari Sekali 


Bagi kalian yang suka ganti baju setiap hari, jangan sampai cucian kalian menumpuk. Usahakan untuk mencuci baju 2 hari sekali. Terlalu banyak cucian menumpuk akan terlihat sangat berantakan. Bisa juga untuk menggunakan jasa laundry di luar, tapi akan lebih ekonomis jika kita cuci sendiri dirumah.


4. Cuci Piring Setelah Makan


Apa bila selesai makan akan lebih baik kalau piring langsung di cuci. Banyak orang yang suka menunda-nunda untuk mencuci piring, sampai akhirnya piring menumpuk atau sampai kehabisan piring buat makan. Usahakan jangan sampai seperti itu, untuk menjaga kebersihan dapur sangat penting kalian mencuci piring langsung setelah makan.

Mencuci piring setelah makan juga dapat membantu menghindari kuman-kuman di peralatan makan kalian. Sangat tidak nyaman untuk melihat piring kotor menumpuk di tempa cucian. Yang ada malah akan membuat kalian jenuh.


5. Bersihkan Dapur Sambil Memasak


Menunggu air mendidih atau menunggu telur matang daripada kalian berdiam diri memikirkan hidup, akan lebih efisien kalau kalian bersih-bersih dapur sambil menunggu masakan kalian. Bisa sambil membersihkan meja makan, menaruh piring bersih di tempat piring, mengeringkan peralatan makan yang baru di cuci.

Apapun yang bisa kalian bersihkan akan jauh lebih baik dari pada berdiam diri menunggu masakan kalian matang. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum melanjutkan memasak.


6. Buang Barang yang Tidak Di Perlukan


Terkadang kita sering membeli barang-barang yang kita sebenarnya tidak perlu. Hal itu hanya akan menambah barang-barang berantakan di rumah. Akan lebih baik jika kalian evaluasi semua barang dirumah kalian dan pilih mana yang benar-benar perlu dan mana yang tidak perlu. Mana yang sering di pakai dan mana yang tidak pernah dipakai.


7. Kembalikan Barang Setelah Digunakan


Ini mungkin hal yang sering kita abaikan. Kalian pasti sering kehilangan barang yang disaat tertentu kita butuhkan, seperti gunting, pemotong kuku, charger HP, bolpoin, dan barang-barang kecil lainnya. Sebenarnya barang tersebut tidak hilang, melainkan kita lupa menaruh barang tersebut.

Jadi biasakanlah mengembalikan langsung barang yang selesai digunakan. Agar jika kita membutuhkannya lagi kita tidak bingung harus mencari kemana.


8. Peraturan 2 Menit


Jika ada hal yang bisa kalian lakukan dibawah 2 menit, lakukan lah segera. Seperti membuang sampah, mencuci piring, menyapu kamar. Apapun itu segeralah lakukan jika hanya perlu waktu sedikit. Jika kalian terlalu sering menunda maka perkerjaan akan semakin bertambah dan menumpuk.

Aturan 2 menit ini tidak hanya berlaku untuk menjaga kebersihan rumah. Bisa kalian gunakan sebagai prinsip sehari-hari agar kalian menjadi lebih produktif. Bisa juga di gunakan di lingkungan kerja.


Semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa lebih rajin untuk menjaga kebersihan rumah kalian.

Tinggalkan kritik dan saran di bawah.




19 comments:

  1. hahahaha kebetulan saya jorok nih :v makasih tipsnya bro !

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya...jadi bisa memanajemen waktu bersihin rumah...

    ReplyDelete
  3. ingat sekali lagi,,
    kebersihan juga sebagai dari iman..

    ReplyDelete
  4. Kadang lupa mau berdihin rumah karena sibuk kerjaan

    ReplyDelete
  5. yang no 5 gak pernah ane lakuin gan :v

    ReplyDelete
  6. tambahin gambar gan biar tetap bersih dan juga indah

    ReplyDelete
  7. Hehe bolehlah tipsnya, makasih gan

    ReplyDelete
  8. Asal jangankotor aja pasti bersih hhee

    ReplyDelete
  9. Dari semua, yg paling malesin itu nyuci baju gan. Wkwk

    ReplyDelete
  10. haha mantapp tapi ttep aja males wkwk

    ReplyDelete
  11. Nice info gan..
    Yang no 8 bisa diterapkan nih

    ReplyDelete
  12. Nice info gan..
    Yang no 8 bisa diterapkan nih

    ReplyDelete
  13. makasih tips nya gan
    berguna banget buat ane

    ReplyDelete
  14. Thanks atas contoh percakapannya mas , sangat membantu untuk belajar bahasa inggris :D

    ReplyDelete
  15. Great tips bro! Jadikan motivasi aja dehh .. rumah udah kaya kapal pecah :D

    ReplyDelete