Pages

Sunday 15 January 2017

Tips Finansial Untuk Masa Muda Anda


Bagi para pembaca yang sedang dalam usia 20an, artikel ini sangat cocok untuk kalian. Masa muda tidak akan kita dapatkan lagi. Energi, stamina, dan rasa semangat perlahan-lahan akan semakin redup seiring dengan kita beranjak tua. Maka dari itu di usia sekarang ini kita perlu belajar sedikit tentang mengatur ke-uangan kita sehingga di masa tua nanti kita tidak banyak khawatir soal uang.

"Rajinlah menabung", pasti kita semua sering sekali mendengar kalimat itu, entah dari orang tua, guru, saudara, teman, kerabat kerja, bahkan kita sendiri pun pasti pernah bilang kalimat tersebut kepada orang lain. Tapi bagaimana sih menabung yang benar dan efisien itu ? Berikut ini beberapa tips untuk ke-uangan anda.

 

1. Disiplin

Ya benar sekali, mungkin ini bagian paling susah untuk dijalankan. Sikap disiplin dalam menabung itu penting sekali, tanpa sikap disiplin kalian tidak akan bisa menabung. Sisihkan sebagian uang kalian untuk menabung, dan cobalah untuk tidak di ambil atau digunakan untuk hal yang tidak perlu.

 

2. Tujuan Menabung

Menabung harus ada tujuannya, kalau cuman sekedar menyisihkan uang pasti rasa nafsu untuk mengambil uang tersebut akan semakin besar. Tentukan tujuan kalian menabung, entah untuk beli mobil, beli rumah, menikah, apapun tujuan kalian pasti akan lebih menambah motivasi untuk menabung.

 

3. Buat Daftar Pengeluaran

Daftar pengeluaran itu penting. Dengan adanya daftar pengeluaran kita bisa benar-benar tau berapa pengeluaran kita setiap bulan. Tulis daftar pengeluaran bulanan kalian dan cobalah untuk tidak melebihi jumlah yang sudah kalian tulis.

 

4. Minim Hutang

Setiap orang pasti memiliki situasi dan kondisi berbeda, bagaimanapun kondisi kalian usahakan untuk tidak banyak menumpuk hutang. Karena jika kita terlalu banyak hutang pasti tidak akan bisa menabung. Memang sering sekali dengan kita hutang kita bisa memiliki uang secara instan, tapi sebenarnya hutang memiliki efek negatif dalam finansial kita.

 

5. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Hampir setiap orang memiliki tanggungan cicilan. Entah itu cicilan motor, mobil, rumah, kartu kredit, apapun itu berusahalah untuk selalu membayar sebelum tanggal jatuh tempo cicilan. Kalau kalian sering bayar telat atau melebihi tanggal jatuh tempo, pasti akan dikenakan denda dan itu jelas akan merugikan ke-uangan kalian sendiri.

 

6. Pendapatan Sampingan

Buat kalian yang punya keahlian, gunakanlah untuk mencari kerja sampingan. Entah itu jadi guru les, jual pulsa, buka online shop, apapun itu semakin kita giat bekerja akan semakin banyak pendapatan kita, dan pasti akan lebih banyak kita bisa menabung.

 

7. Hidup Sederhana

"Hidup itu murah, gaya hidup yang mahal". Berapapun pendapatan kalian tidak akan pernah cukup kalau gaya hidup kalian mahal atau suka menghamburkan uang. Hilangkan rasa gengsi kepada orang, percaya atau tidak kebanyakan orang tidak peduli soal baju merk apa yang kalian pakai, atau handphone apa yang kalian pakai, atau motor apa yang kalian pakai."Keinginan" dan "Kebutuhan" itu memiliki definisi yang berbeda. Belilah barang-barang sesuai kebutuhan kalian.

 

8. Gunakan sistem 3 - 7 Hari

Jika kalian ingin membeli sesuatu yang sebenarnya tidak butuh, jangan lah langsung bergegas membelinya. Tunggu sampai 3 Hari kedepan, jika masih pingin beli barang itu tunggulah sampai 7 Hari kedepan. Teruslah bertanya apa kalian benar-benar butuh membeli barang itu. Dengan sistem ini kalian lama-lama pasti akan pandai membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Semoga dengan artikel ini kalian lebih pandai dan bijak dalam mengatur ke-uangan.

Jika ada masukan, silahkan tulis komentar di bawah.

2 comments:

  1. ane da lama belajar bahasa inggris gan,,, belum bisa2,, kasih solusi yang praktis gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktek praktek dan praktek. itu gan kuncinya.. Belajar bahasa baru itu ibarat anak bayi yang masih belum bisa bicara gan, tidak ada yang mengajari mereka, melainkan mereka mendengarkan, melihat orang-orang di sekitar mereka berbicara dan menirukan kata-kata gan.

      Delete