Pages

Thursday 26 January 2017

Tips Belajar Bahasa Inggris














Belajar Bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu. Saya pribadi walaupun sudah bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, tapi tentu saja saya tidak pernah berhenti belajar. Selalu ada saja kata yang mungkin belum saya mengerti, atau cara pengucapan yang benar.
Banyak sekali masyarakat yang belum mengerti seberapa penting Bahasa Inggris bagi kehidupan kita, khususnya bagi generasi muda. Dengan Bahasa Inggris kita bisa terbuka dunia baru, dalam arti kita bisa mengerti bagaimana negara-negara diluar sana. Kita bisa berbicara dengan orang-orang asing. Kita juga bisa lebih luas membaca artikel-artikel mendidik yang menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga bisa membantu kita menggunakan berbagai macam teknologi dan gadget yang terus bermunculan hampir setiap tahun.
Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk belajar Bahasa Inggris, dengan semakin berkembangnya dunia internet, maka banyak juga artikel-artikel yang bisa kalian baca untuk membantu proses belajar kalian. Berikut ini beberapa tips dari saya;

 

1. Mendengarkan Musik


Bagi kalian yang hobby mendengarkan musik dan bernyanyi, banyaklah mendengarkan lagu-lagu ber Bahasa Inggris. Lalu carilah lirik dari lagu yang kalian pilih, baca dan dengarkan lagunya. Terus coba kalian nyanyikan. Tujuannya adalah agar kalian bisa mengerti cara pengucapan kata yang benar di dalam lagu tersebut. Cara pengucapan kata-kata sangatlah penting dalam Bahasa Inggris, dengan pengucapan kata yang benar dan lancar, kita bisa lebih mudah ber-komunikasi dengan orang asing.

 

2. Menonton Film


Perbanyaklah menonton film dalam Bahasa Inggris, dan gunakanlah subtitle Bahasa Inggris, jangan menggunakan subtitle Bahasa Indonesia jika masih dalam proses belajar Bahasa Inggris. Tak apa jika kalian tidak mengerti alur cerita dalam film yang kalian tonton, ingat kalau tujuan nya adalah belajar Bahasa Inggris. Dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris kalian juga bisa menirukan cara pengucapan dan penulisan yang benar. Dan lama-lama kalian akan terbiasa menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Kalian lama-lama akan mengerti kata-kata yang di ucapkan dalam film tersebut karena di dalam film kalian bisa melihat adegan dan konteks disaat mereka berbicara. Menurut saya cara ini sangat efektif jika dilakukan secara rutin.

 

3. Membaca dan Mendengarkan


Perbanyaklah membaca novel atau cerpen dalam Bahasa Inggris. Perbanyak juga mendengarkan dalam Bahasa Inggris, bisa itu musik, podcast, radio, dll. Cara ini akan membantu kalian memperluas vocabulary kalian dan membantu dalam pengucapan kata dengan benar. Ingat kalau Bahasa Inggris memiliki jutaan kata-kata.

 

4. Kamus


Buka dan bacalah Kamus kalian, tidak harus banyak. Minimal 2 kata per hari, coba untuk ingat kata-kata yang kalian baca. 2 kata per hari jika dilakukan setiap hari pasti akan membantu mempercepat proses belajar kalian.

 

5. Minimalkan Teori


Jangan terlalu fokus untuk belajar teori Bahasa Inggris, kecuali kalau kalian mengejar nilai bagus. Jika kalian cuman ingin belajar berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, minimalkan waktu kalian untuk belajar teori. Lebih baik di gunakan untuk belajar hal-hal tertulis diatas.

 

6. Kursus Bahasa Inggris


Ini mungkin sedikit susah karena membutuhkan biaya lebih. Tapi sedikit banyak kursus Bahasa Inggris bisa membantu proses belajar kalian. Tapi kalian juga harus bijak dalam memilih tempat kursus Bahasa Inggris, banyak sekali yang biaya mahal tapi materi yang diajarkan tidak mendukung. Saya sarankan jika kalian ingin kursus lebih baik kursus di EF ( English First ). Disana guru pengajar adalah orang asing, jadi proses belajar kalian bisa lebih efektif.

 

7. Praktek


Ini yang paling penting, kalian harus sering praktek Bahasa Inggris. Praktek yang efektif yaitu langsung berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan orang asing. Manfaatkan sosial media yang kalian pakai untuk memperluas pertemanan kalian dengan orang asing, daftarlah dalam forum-forum online. Seringlah pergi ke tempat wisata seperti Bali, Lombok, Borobudur sehingga kalian bisa langsung bertemu dan berbincang dengan orang asing.


Jangan kalian merasa takut atau malu untuk menggunakan bahasa inggris kalian. Tak apa walaupun salah dan tak beraturan, selama kalian rutin dan disiplin dalam belajar dan praktek, lama-lama pasti akan lancar. Ingat kalau belajar apapun butuh waktu, kesabaran, dan disiplin. Jadi jangan gampang menyerah jika kalian tidak langsung bisa berbicara Bahasa Inggris. Teruslah semangat belajar.

1 comment:

  1. enak lagi kalo punya temen yang juga pengen bisa b.inggris, belajar bareng praktek bareng

    ReplyDelete