Pages

Tuesday 31 January 2017

Tips Mengetik Dengan Cepat

Hidup di dunia teknologi dimana mengetik hampir menjadi kebutuhan sehari-hari, belajar mengetik dengan cepat dan akurat tentu saja sangat penting. Kalian bisa menjadi lebih produktif dan menyelesaikan banyak hal, mengetik dengan cepat juga bisa membantu kalian untuk menulis banyak ide-ide di kepala kalian.

Tidak ada jalan pintas untuk mengetik dengan cepat, butuh waktu dan dedikasi untuk terus berlatih.

Dalam artikel ini kami akan membagi beberapa tips untuk membantu kalian mengetik lebih cepat, semoga dengan membaca Tips Mengetik Dengan Cepat ini kalian bisa menjadi lebih produktif.

1. Postur Duduk yang Benar


Langkah pertama adalah duduk dengan postur yang benar. Postur duduk yang benar adalah duduk dengan punggung lurus, kedua kaki menempel di lantai. Pergelangan tangan harus sejajar dengan keyboard agar jari-jari kalian bisa dengan mudah mengakses huruf di keyboard. Kepala menunduk sedikit lurus dengan monitor, jarak mata ke monitor yang ideal adalah 45cm - 70cm.


















Jangan terlalu menunduk dan jangan terlalu dekat dengan monitor, untuk menghindari sakit mata dan cedera punggung. Pertahankan postur tubuh yang benar agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan. 

2. Gunakan 10 Jari


Bagi kalian yang sudah terbiasa mengetik menggunakan 2 jari mungkin akan sedikit susah untuk beradaptasi ke 10 jari. Tapi jika kalian ingin mengetik dengan cepat, kalian harus menggunakan teknik 10 jari.














Penempatan jari yang benar juga penting, menggunakan teknik 10 jari diharuskan juga belajar untuk menempatkan jari-jari kalian dengan benar.

3. Gunakan Aplikasi 


Banyak sekali website dan aplikasi untuk membantu kalian berlatih mengetik dengan cepat. Dengan bantuan aplikasi kalian bisa mengerti penempatan jari dan teknik 10 jari yang benar. Inilah beberapa aplikasi dan website rekomendasi kami;


Website diatas bisa kalian gunakan untuk membantu kalian mengetik dengan cepat, tanpa biaya apapun alias Gratis.

4. Istirahat Rutin


Memang jika kalian berlatih dengan keras pasti hasilnya akan semakin cepat terlihat. Tapi istirahat yang cukup pun sangat petning untuk membantu melemaskan otot-otot jari kalian. Otot-otot jari kaku hanya akan menghambat proses latihan kalihan. Istirahat rutin juga akan mengurangi rasa lelah di mata kalian. 

Meregangkan tangan dan jari-jari juga akan membuat kalian lebih lemas dan santai. Jangan lupa juga untuk meregangkan punggung dan kaki kalian, duduk dalam durasi waktu yang lama jelas memiliki efek buruk bagi punggung kalian.

Konsumsi air putih yang cukup.

 5. Latihan dan Praktek


Nah ini bagian paling penting, memang butuh kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Tidak ada yang instan, dan semua tergantung kalian. Jika kalian rutin latihan dan praktek mengetik dengan cepat, maka tentu saja hasil yang dihasilkan akan maksimal. 

Jangan mudah menyerah jika kalian merasa kesulitan dalam proses belajar, pasti butuh waktu untuk bisa menguasai teknik mengetik dengan cepat.

Semoga artikel ini bisa membantu. Tinggalkan komentar dibawah jika ada kritik dan saran.


sumber gambar:  
http://oakdome.com/k5/lesson-plans/first-grade-lessons.php
http://b2lchiro.com/what-are-some-effective-methods-to-correct-bad-posture/

6 comments:

  1. Patut dicoba nih agar kalau ane ngetik bisa cepat

    ReplyDelete
  2. tipsnya perlu saya terapkan, soalnya bulan ini lagi banyak buat skripsi thanks infonya

    ReplyDelete
  3. ngetik sih udah cepet tapi jari yang kepake cuma 7 aja yang lain masih kaku

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bagus dan bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Kalau aku ngetiknya masih lambat. Nice info biar tambah cepet

    ReplyDelete